Nasi Putih Resiko Diabetes

Written By limadu on Selasa, 27 Maret 2012 | 21.19

Nasi Putih Resiko Diabetes RISIKO mengidap diabetes tipe 2 ternyata bisa meningkat bila kita memakan nasi putih, menurut penelitian. Orang yang lebih sering makan nasi putih memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan kondisi tersebut, menurut review dari empat penelitian yang melibatkan sekitar 350 ribu orang.

Penelitian ini mengamati dua studi dari China dan Jepang dan dua dari Amerika Serikat dan Australia. Orang Asia seperti Indonesia memang cenderung memilih asupan nasi putih bahkan rata-rata tiga sampai empat porsi sehari. Peneliti Dr Qi Sun dari Harvard School of Public Health, Boston, mengatakan, "Setiap menu nasi putih per harinya dikaitkan dengan risiko diabetes. Meski porsinya kecil, tetap saja signifikan menyumbang risiko lebih tinggi."

"Tak apa sebenarnya untuk sesekali makan nasi putih, satu atau dua porsi per minggu. Namun, konsumsi pada masyarakat negara-negara Asia akan meningkatkan risiko diabetes secara substansial."

Hal ini dikaitkan dengan efek beras putih pada kadar gula darah. Karena indeks glikemik (GI) relatif tinggi, maka glukosa dilepaskan ke dalam aliran darah dengan cepat setelah makan. Sementara itu, makanan GI rendah seperti beras merah memecah perlahan, yang membuat orang merasa kenyang lebih lama dan menjaga kadar gula darah lebih stabil. Nasi putih juga memiliki nutrisi yang lebih sedikit, termasuk serat dan magnesium, sehingga dapat mendorong timbulnya diabetes tipe 2.

Penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal ini menilai satu porsi beras sebanyak 158 gram melibatkan faktor-faktor seperti berat badan, tingkat olahraga, dan diet dari relawan. Selama masa penelitian, mulai dari empat hingga 22 tahun, sekitar 13.200 orang mengidap diabetes.

Catherine Collins, ahli gizi utama di Rumah Sakit St George, London, mengatakan peningkatan konsumsi beras putih di antara orang Asia mungkin meningkatkan risiko diabetes, tapi risiko itu tidak berlaku juga di Barat. Ini bukan hanya karena konsumsi lebih rendah di negara seperti Inggris, tetapi juga karena perbedaan dalam pola makan dan gaya hidup Nasi Putih Resiko Diabetes

Anda sedang membaca artikel tentang

Nasi Putih Resiko Diabetes

Dengan url

http://lemakesehat.blogspot.com/2012/03/nasi-putih-resiko-diabetes.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Nasi Putih Resiko Diabetes

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Nasi Putih Resiko Diabetes

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger